FISIP Universitas Muhammadiyah Buton

Impresip UM Buton Gelar Baksos dan Camping Bersama

Ikatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan (Impresip), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Buton, menggelar Bakti Sosial (Baksos) dan Camping bersama pada hari Selasa-Rabu, 18-19 Agustus 2020. Yang diselenggarakan di Bukit Lamando (Rongi), Desa Sandang Pangan, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan.

Kegiatan tersebut diawali dengan penerimaan peserta mahasiswa yang  berlangsung  di  Rujab Kepala Desa  Sandang Pangan, bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa setempat. Jumadil selaku Kepala Desa Sandang Pangan dalam sambutannya menuturkan “Ucapan terimakasih kepada teman-teman mahasiswa Ilmu Pemerintahan UM Buton, yang mengadakan kegiatan Baksos dan Camping di Desa Sandang Pangan. Dan harapan saya kegiatan seperti ini jangan cuman sekali saja. Minimal dalam satu setahun dua kali karna akan sangat membatu dan memberikan contoh kepada masyarakat yang ada di desa”

Kegiatan ini merupakan salah satu program Impresip UM Buton, yang dimana kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan biaya swadaya mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebanyak 16 orang  yang  merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan UM Buton, 5 orang partisipan dan juga masyarakat setempat.

Ketua Impresip UM Buton, Ahmad Muhardin Hadmar mengatakan bahwa ” Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk perhatian kami terhadap kelestarian alam, nilai-nilai sosial bermasyarakat, sekaligus untuk refresing”

Bakti sosial ini diawali dengan menyisir sampah pengunjung yang berserakan mulai dari kaki Bukit hingga ke Puncak. Ada puluhan karung dan kantong sampah yang telah berhasil dikumpulkan. Yang kemudian sampah-sampah tersebut dibawa ke tempat pembuangan sampah.

 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan camping bersama di Puncak Bukit Lamando. Dalam kegiatan ini, dilaksanakan diskusi terkait “Pengembangan Sektor Pariwisata Desa Sandang Pangan Sebagai Pendapatan Asli Desa (PAD)”. Yang kemudian keesokan harinya, setelah melakukan camping kembali dilakukan pembersihan sampah disekitaran puncak Bukit.

Sementara itu Rifal Hermawan, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Sandang Pangan berharap, “Para pengunjung Wisata Bukit Lamando agar selalu mencintai dan melestarikan alam dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.
Sekarang Bukit Lamando dalam tahap pengembangan wisata, jadi tempat sampah belum di siapkan, maka kesadaran dari pengunjunglah yang masih menjadi harapan pemdes, adat dan masyarakat setempat”

Setelah melakukan camping kegiatan dilanjutkan dengan membersihkan sumber mata air Rano, sebagai sumber air utama masyarakat setempat. Kegiatan ini diikuti oleh peserta mahasiswa dan masyarakat setempat yang bergotong royong membersihkan dan memindahkan pohon tumbang yang menyumbat sumber mata air tersebut.

Sementara itu Indra Gafano (Peserta) mengatakan “Saya sangat senang dapat terlibat dalam kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat menyenangkan. Masyarakat sangat antusias dengan seluruh rangkaian kegiatan kami. Saya dapat berinteraksi dan bergotong royong dengan masyarakat setempat dalam melakukan kegiatan bersih-bersih. Saya mersa jiwa sosial saya menjadi bangkit, nilai-nilai sosial bermasyarakatnya sangat nampak ” tutur Indra

“Tak lupa kami ucapkan terimakasih banyak kepada pemerintah serta masyarakat setempat yang telah menerima, melayani dan berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan kami. Semoga apa yang telah kami lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat” Ujar Ahmad (Ketua Impresip UM Buton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.